Analisis
PT MAHARANI
PT MAHARANI adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang
jasa IT. PT ini merupakan distributor perangkat computer. Saat ini perusahaan
memiliki lebih dari 50 langganan baik perusahaan maupun perseorangan yang
secara rutin melakukan pembelian terhadap produk-produk perusahaan. Setiap
transaksi minimal harus dilayani oleh 2 orang karena produk yang dijual dibeli
paket ataupun terpisah mengakibatkan 1 transaksi membutuhkan waktu 15 menit. Jumlah
karyawan yang melayanikonsumen ada 3 orang dibagian penjualan dan ada 2 orang
di bagian gudang. Dalam sehari minimal ada 50 transaksi. Prosedur Sistem saat
ini:
1.
Untuk perorangan konsumen menyerahkan PO ke
bagian pengecekan barang. Jika barang tersedia maka akan dilakukan pengetesan
terhadap barang tersebut. Untuk pembayaran konsumen akan memberikan bukti bayar
dan terima faktur dan kwitansi pembayaran. Semua transaksidiolah menggunakan
aplikasi acsses. Karena barang dilihat dan dibawa langsung maka tidak ada
retur. Akhir-akhir ini muncul keluhan
dari pelanggan yang terdeteksi juga mengurangi omset perusahaan.
a.
Dari Segi Prosedur
Kurang adanya keseimbangan antara pelayanan
penjualan dan ketersediaan barang, Karena
kurangnya penempatan SDM yang memadai di sektor pengecekan barang sehingga
pemanfaatan waktu terasa kurang efisien.
b.
SDM
Kurangnya kuantitas SDM yang memadai berpengaruh
terhadap Prosedur transaksi Pelayanan konsumen yang kurang efektif.
c.
Aplikasi
Kurang memaksimalkan Aplikasi yang tersedia
yaitu Accses Point. Jika dapat Memaksimalkan aplikasi tersebut dapat memberikan
hasil yang memadai
d.
Batasan
Proses system pengolahan data, target
operasional
e.
Kesalahan Sistem
Prosedur operasional, Kurang maksimalnya
penggunaan Aplikasi, SDM yang kurang memadai
f.
Kebutuhan
Kurang baik dalam jalannya prosedur
perusahaan banyak di pengaruhi beberapa hal:
- Jumlah SDM yang cukup memadai
- Transaksi Jual beli yang Efisien
- Memaksimalkan Aplikasi
g.
Solusi
-
Diperlukan prosedur Transaksi jual beli antara
Perusahaan dan konsumen yang Lebih Efektif. Menggunakan jasa seorang Notaris
untuk menyaksikan transaksi tersebut sehingga tidak ada kesan kurang
maksimalnya pelayanan.
-
Menambah jumlah SDM yang berkualitas untuk
menunjang system dalam perusahaan yang selama ini kurang efisien soal waktu.
-
Perlu pengembangan dalam system IT sehingga
tercipta inovasi-inovasi baru dalam penggunaan IT sebagai penunjang system perusahaan
-
Mencanangkan Etos kerja yang baik untuk tetap
tenang dalam menghadapi berbagai masalah perusahaan dan dapat meningkatkan jumlah
produksi
UTS TAKEHOME
1.
Jelaskan apa yang dimaksud dengan
a. Use Case Diagram
Adalah suatu cara untuk menggambarkan kebutuhan fungsional dari sebuah
system melalui skenario bisnis atau kejadian yang harus dilakukan suatu system
untuk memberikan respon.
b. Class Diagram
Adalah suatu diagram yang memperlihatkan atau menampilkan struktur dari
sebuah system, system tersebut akan menampilkan system kelas, atribut dan
hubungan antara kelas ketika suatu system telah selesei membuat diagram.
c.
Activity
diagram
menunjukkan struktur proses atau perhitungan lain sebagai aliran kontrol
dan data dari langkah ke langkah dalam perhitungan.
d.
Sequence
diagram
adalah suatu diagram yang menggambarkan interaksi antar obyek dan
mengindikasikan komunikasi diantara obyek-obyek tersebut.
e.
State
diagram
menggambarkan status dari mesin yang terdiri atas status, transisi, event, dan aktivitas.
2.
Berikan masing-masing 1 contoh pada diagram dan
jelaskan
0 Response to "Analisis"
Posting Komentar