Analisis

PT MAHARANI
PT MAHARANI adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa IT. PT ini merupakan distributor perangkat computer. Saat ini perusahaan memiliki lebih dari 50 langganan baik perusahaan maupun perseorangan yang secara rutin melakukan pembelian terhadap produk-produk perusahaan. Setiap transaksi minimal harus dilayani oleh 2 orang karena produk yang dijual dibeli paket ataupun terpisah mengakibatkan 1 transaksi membutuhkan waktu 15 menit. Jumlah karyawan yang melayanikonsumen ada 3 orang dibagian penjualan dan ada 2 orang di bagian gudang. Dalam sehari minimal ada 50 transaksi. Prosedur Sistem saat ini:
1.       Untuk perorangan konsumen menyerahkan PO ke bagian pengecekan barang. Jika barang tersedia maka akan dilakukan pengetesan terhadap barang tersebut. Untuk pembayaran konsumen akan memberikan bukti bayar dan terima faktur dan kwitansi pembayaran. Semua transaksidiolah menggunakan aplikasi acsses. Karena barang dilihat dan dibawa langsung maka tidak ada retur. Akhir-akhir  ini muncul keluhan dari pelanggan yang terdeteksi juga mengurangi omset perusahaan.
a.       Dari Segi Prosedur
Kurang adanya keseimbangan antara pelayanan penjualan  dan ketersediaan barang, Karena kurangnya penempatan SDM yang memadai di sektor pengecekan barang sehingga pemanfaatan waktu terasa kurang efisien.

b.      SDM
Kurangnya kuantitas SDM yang memadai berpengaruh terhadap Prosedur transaksi Pelayanan konsumen yang kurang efektif.

c.       Aplikasi
Kurang memaksimalkan Aplikasi yang tersedia yaitu Accses Point. Jika dapat Memaksimalkan aplikasi tersebut dapat memberikan hasil yang memadai
d.      Batasan
Proses system pengolahan data, target operasional

e.      Kesalahan Sistem

Prosedur operasional, Kurang maksimalnya penggunaan Aplikasi, SDM yang kurang memadai

f.        Kebutuhan
Kurang baik dalam jalannya prosedur perusahaan banyak di pengaruhi beberapa hal:
- Jumlah SDM yang cukup memadai
- Transaksi Jual beli yang Efisien
- Memaksimalkan Aplikasi



g.       Solusi
-          Diperlukan prosedur Transaksi jual beli antara Perusahaan dan konsumen yang Lebih Efektif. Menggunakan jasa seorang Notaris untuk menyaksikan transaksi tersebut sehingga tidak ada kesan kurang maksimalnya pelayanan.

-          Menambah jumlah SDM yang berkualitas untuk menunjang system dalam perusahaan yang selama ini kurang efisien soal waktu.

-          Perlu pengembangan dalam system IT sehingga tercipta inovasi-inovasi baru dalam penggunaan IT sebagai penunjang system perusahaan

-          Mencanangkan Etos kerja yang baik untuk tetap tenang dalam menghadapi berbagai masalah perusahaan dan dapat meningkatkan jumlah produksi


UTS TAKEHOME
1.       Jelaskan apa yang dimaksud dengan
a.       Use Case Diagram
Adalah suatu cara untuk menggambarkan kebutuhan fungsional dari sebuah system melalui skenario bisnis atau kejadian yang harus dilakukan suatu system untuk memberikan respon.
b.      Class Diagram
Adalah suatu diagram yang memperlihatkan atau menampilkan struktur dari sebuah system, system tersebut akan menampilkan system kelas, atribut dan hubungan antara kelas ketika suatu system telah selesei membuat diagram.
c.       Activity diagram
menunjukkan struktur proses atau perhitungan lain sebagai aliran kontrol dan data dari langkah ke langkah dalam perhitungan.
d.      Sequence diagram
adalah suatu diagram yang menggambarkan interaksi antar obyek dan mengindikasikan komunikasi diantara obyek-obyek tersebut.
e.       State diagram
menggambarkan status dari mesin yang terdiri atas status, transisi, event, dan aktivitas.
2.       Berikan masing-masing 1 contoh pada diagram dan jelaskan

Use Case Diagram

    

0 Response to "Analisis"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme | Blogger Templates | Best Credit Cards